Semanis Gula, Segurih Kelapa

loading...

Vespa Corsa, Pioneer Motor Matik di Indonesia

Perjalanan sepeda motor matik di Indonesia cukup panjang. Dimulai pada era 90-an, PT Dan Motor Vespa Indonesia (DMVI), Agen Tunggal Pemegang Merek Vespa/Piagio di Indonesia merilis  varian Vespa otomatisnya dengan merek Corsa 125. 
Masyarakat Indonesia dibuat terkejut dengan kehadirannya, konsumen yang belum begitu ngeh dengan motor otomatis dibuat terpana sekaligus bingung. 

Andai saja pihak ATPM (PT Dan Motor-red) gencar melakukan berbagai kegiatan promo dan edukasi kepada banyak konsumen akan produk matik pertamanya tersebut, layaknya ATPM-ATPM jepun sekarang. Tidak menutup kemungkinan varian Vespa yang berjenis Small Frame ini bisa sukses melenggang sampai sekarang ini.

Dengan dibekali mesin 2 langkah berpendingin udara berkapasitas 121.2cc, silinder bore 55mm, piston stroke 51mm, berkekuatan 6.87 tenaga kuda pada 5.600rpm, karburator Dell Orto 19E, bertrasmisi otomatis, double stater, otomatis mixer oli samping, dibekali sistem pengereman tipe drum depan-belakang, lingkar ban berdiameter 10″-300 depan-belakang dan bisa diajak ngebut sampai 90kph.

Kelebihan motor matik ini dibandingkan dengan matik keluaran sekarang adalah adanya gear posisi netral, gear ini berfungsi mencegah resiko pengendara terpental ketika motor distater dengan menarik throtle gas terlalu kedalam. 

Jadi jika ingin menjalankan motor ini, setelah distater dan mesin dalam kondisi menyala langsam, tidak serta merta bisa langsung dibejeg seperti halnya matik-matik jaman sekarang. 

Untuk menjalankannya ubah terlebih dulu posisi perseneling pada handle setang sebelah kiri kemode jalan dengan cara menggeser tuas handgripnya. Baru setelah itu gas ditarik secara perlahan hingga motor bisa berjalan stabil dan yummy.......
Back To Top